Pandaan, My Village

Pandaan Km.0 - Tugu 45
Inilah 'kampung'ku, dimana aku dan keluarga kecilku saat ini berdomisili. Kampungku ini adalah sebuah 'kota' kecil, kota kecamatan, yang masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Pasuruan.
Di sisi utaranya ada Kecamatan Gempol, di selatannya ada Kecamatan Prigen, ditimurnya ada Kecamatan Sukorejo, dan Kecamatan Trawas di sisi baratnya.

  Pandaan Km. 0, ditandai dengan dua monumen. Pertama adalah Tugu 45, yang letaknya persis di gerbang Terminal Pandaan. Dan monumen kedua adalah Bambu Runcing, yang terletak di perempatan jalan tepat di ujung jalan by-pass Pandaan.

Tugu 45 kelihatannya 'wajar-wajar' saja, seperti tugu-tugu yang sudah sering kita lihat di berbagai kota, khusus nya di pulau Jawa. Namun tidak demikian dengan icon Bambu Runcing. Mungkin nama icon Bambu Runcing ini sudah cukup dikenal, karena hampir setiap kota memilikinya. Tapi yang menjadi icon Pandaan ini memiliki keunikan tersendiri, dimana Bambu Runcing-nya justru hanya berperan sebagai 'second object', sedangkan 'main object'nya sendiri adalah sebilah Keris. Keris inilah yang membuat icon ini menjadi berbeda dengan icon-icon Bambu Runcing di tempat-tempat lain.



Pandaan Km.0 - Bambu Runcing
Kedua icon itu mudah sekali ditemukan. Jika anda melintas dari kota Surabaya atau Sidoarjo menuju ke kota Malang, maka anda akan melintasi kedua icon ini.

Secara geografis, Pandaan belumlah termasuk dataran tinggi, tapi juga bukan dataran rendah. Dengan kontur tanah yang naik turun, tidaklah mengherankan kalau di Pandaan tidak akan ditemukan abang becak. Tapi jangan kuatir, banyak mas ojek dan mang 'dokar' yang siap mengantar anda 'blusukan' di Pandaan.

Aku bersama keluarga kecilku suka tinggal disini, suasananya masih relatif jauh dari hiruk-pikuk, meskipun ada beberapa industri besar yang juga berdomisili di Pandaan.

Kalau anda iseng-iseng visit website resminya pandaan, mohon jangan 'ngersulo' jika menemukan info-info yang 'awet' ditayangkan, apalagi jika anda menemukan link-link yang - mungkin masih under construction. Tapi jangan kuatir, anda tidak akan tersesat di Pandaan. Dan mudah-mudahan aku bisa membantu anda melalui konten-konten yang aku tayangkan disini. Kalaupun ada informasi Pandaan yang anda cari dan belum aku tayangkan, itu karena aku belum 'hunting' foto dan nanya-nanya ke Pak Camat... :D 

No comments: